Translate

Wednesday, March 20, 2013

Cara mudah belajar akuntansi:
 
  • Langkah awal yang harus dilakukan adalah mempelajari prinsip dasar akuntansi seperti pinsip debit, prinsip kredit, dll. Itu adalah kunci utama dalam belajar akuntansi. Kuasai betul prinsip dasar akuntansi terlebih dahulu sebelum melangkah ke step selanjutnya. Karena bila kita baru menguasai setengah - setengah dan langsung belajar ke step selanjutnya, yang terjadi adalah kita akan kebingungan dan malah akan mempersulit kita untuk menguasai akuntansi.
  • Selalu mengasah pola pikir dengan logika. Seperti layaknya ilmu matematika yang berhubungan dengan logika, akuntansi juga demikian. Banyak hal - hal dalam akuntansi yang harus dipecahkan dengan menggunakan logika. Oleh karena itu, kita harus bisa emmbiasakan diri untuk berfikir secara logika.
  • Mulai membiasakan diri untuk membuat catatan kecil keuangan. Ini adalah salah satu bentuk latihan / belajar yang paling praktis dan sangat membantu kita dalam belajar akuntansi. 
  • Setelah kita menguasai prinsip dasar ekonomi, terbiasa berfikir dengan logika, dan terlatih dalam membuat catatan kecil keuangan, maka langkah selanjutnya adalah kita bisa belajar tentang bentuk - bentuk laporan keuangan, seperti: neraja, laporan laba/rugi, dll.
  • Kemudian langkah terakhir dalam belajar akuntansi adalah kita harus selalu mengembangkan kemampuan akuntansi kita dengan sering praktek serta membaca buku-buku tentang perkembangan ilmu akuntansi.

No comments:

Post a Comment